Softskill Minggu Ke-5 (Teori Organisasi Umum)

2.Jelaskan komunikasi dalam organisasi (Pengertian, unsur2nya, cara penyaluran ide melalui komunikasi, hambatan2nya dan klasifikasi komunikasi dalam organisasi.

- Adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seeseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.

Dari ketiga tokoh tersebut kami memilih : Koontz and O’Donnel karena informasi itu akan berpindah-pindah ke orang lain melalui komunikasi 1 sama lainnya.

Unsur-Unsur penting agar komunikasi berjalan dengan lancar ?
a) Harus ada si pembawa berita atau biasa disebut komunikator (sender).

b) Harus ada si penerima berita atau biasa disebut komunikan (Receiver).

c) Berita atau informasi yang akan disampaikan.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk penyaluran ide dalam komunikasi :

• Jelas yaitu dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima berita.

• Tepat yaitu dalam hal orang yang dituju untuk diberi berita atau informasi yang perlu disampaikan.

• Sasaran yaitu tujun pemberi berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim.

Hambatannya dan klasifikasi komunikasi dalam organisasi :

One Way Traffic (komunikasi yang tidak secara langsung) adalah komunikasi satu arah yang artinya komunikasi ini terjadi bila seseorang yang mengirim berita tidak bermaksud untuk menerima umpan balik (respon) dari orang yang menerimanya secara langsung. Jadi hanya bermaksud memberikan informasi atau menyampaikan perintah dari atasan untuk dikerjakan karyawan.

Contoh : Acara berita di televisi merupakan contoh dari komunikasi secara tidak langsung karena kita hanya bisa melihat si pembawa berita dan mendengarkan berita – berita apa saja yang dia sampaikan.

Two Way Traffic adalah komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan yang lain dimana kedua orang tersebut sama-sama aktif dalam memberikan tanggapan. Jadi baik komunikator maupun komunikan sama-sama aktif dalm berinteraksi.

Contoh : Biasanya dilakukan diantara sesama teman atau sesama karyawan yang berada alam tingkatan struktur organisasi yang sama.

Sumber : http://anggiikiyudh.blogspot.com/2010/02/komunikasi-dalam-organisasi.html

Penulis : Jusuf Indrakumala ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Softskill Minggu Ke-5 (Teori Organisasi Umum) ini dipublish oleh Jusuf Indrakumala pada hari Rabu, 04 Januari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Softskill Minggu Ke-5 (Teori Organisasi Umum)