Layanan STUDENTSITE Gunadarma University

STUDENTSITE

http://studentsite.gunadarma.ac.id/

Salah satu sistem yang sedang berjalan pada perguruan tinggi Universitas Gunadarma adalah Studentsite. Studentsite adalah salah satu layanan yang diberikan kepada mahasiswa yang di-launching pada tanggal 23 November 2006. Studentsite adalah fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma.


Studentsite merupakan salah satu komponen informasi yang cukup penting bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Di dalam studentsite para mahasiswa dapat mengetahui informasi yang berhubungan dengan mereka, oleh karena itu kemudahan untuk mengakses Studentsite sangatlah diperlukan. Fasilitas yang terdapat pada aplikasi ini yaitu fasilitas untuk melihat jadwal kuliah, jadwal ujian, rangkuman nilai mahasiswa, berita Studentsite, berita BAAK, berita Gunadarma dan banyak link yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan perkuliahan di Universitas Gunadarma.
Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas ini dengan mendaftarkan dengan cara aktifasi account Studentsite .
Dengan Langkah-Langkah sebagai berikut :
Verifikasi Data ( Memastikan bahwa anda terdaftar sebagai mahasiswa Gunadarma )
Pengisian Data ( Isi kelengkapan data pada form yang di sediakan sesuai dengan ketentuan )
Aktifasi Sukses ( jika step 1 dan 2 sukses, maka anda telah terdaftar di studentsite-UG).
FITUR - FITUR

Dalam studentsite mahasiswa bisa mendapatkan berita-berita terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat di situs resmi universitas. Selain itu, semua berita akademis yang terdapat dalam menu/fitur-fitur studentsite diantaranya : Menu Layanan, Locker, Email, Calendar, Addressbook, Infolog, File Manager, Forum, Bookmarks, Polls, dan Logout.

MENU LAYANAN :
1. Home
Menu Home di gunakan untuk kembali ke tampilan awal / tampilan pertama kalinya login ke studentsite.
Kelebihan : mudah di gunakan dan sangat mudah dimengerti.
Kekurangan : tampilannya menurut saya masih belom maksimal.

2. WWW news
Menu ini di gunakan untuk melihat informasi terbaru mengenai Universitas Gunadarma.
Kelebihan : mudah di gunakan dan mudah di pahami.
Kekurangan : tidak ada.

3. BAAK news
Menu ini digunakan untuk melihat segala informasi yang di berikan oleh pihak yang mengurus sistem BAAK tersebut contoh informasi tersebut seperti perbaikan mata kuliah softskill semester genap 2009/2010, pengumuman pendidikan agama kristen. kita dapat melihat segala informasi yang kita perlukan melauli fasilitas BAAK news.

Kelebihan : dapat memberikan informasi yang penting bagi mahasiswa dan informasi yang di berikan cukup jelas.
Kekurangan : terkadang informasinya telat di berikan.
4. Lecture messages
Menu ini di gunakan untuk melihat informasi yang akan di berikan oleh dosen maupun Administrator UG. informasi yang di berikan dapat berupa tugas tulisan dan informasi lainnya.


Kelebihan : mudah di pahami dan informasinya cukup jelas.
Kekurangan : mahasiswa jarang ada yang mengetahui adanya pesan. karena tidak adanya tanda pesan baru seperti halnya SMS di handphone yang muncul pesan baru. apabila mahasiswa jarang membuka lecture messages maka tidak mengetahui adanya informasi.

5. Rangkuman Nilai
Menu ini di gunakan untuk melihat hasil yang di capai mahasiswa. berupa rangkuman nilai lokal, utama, workshop/kursus, skipsi dan info UM.
Kelebihan : hasil rangkuman nilai yang di informasikan cukup jelas dan mudah di pahami.
Kekurangan : tidak ada masalah.

6. Jadwal Kuliah
Menu ini merupakan menu yang harus selalu di ketahui oleh para mahasiswa karena menu ini menginformasikan jadwal kuliah sewaktu - waktu akan berubah, seperti hari, dosen, mata kuliah, waktu dan ruang. Apabila mahasiswa jarang membuka menu jadwal kuliah ini maka para mahasiswa akan mengalami kesalahan apabila ada pergantian mata kulia,waktu atau ruang.
Kelebihan : informasi berupa jadwal kuliah yang di berikan sangat lah jelas.
Kekurangan : tidak ada masalah.

7. Jadwal ujian
Menu jadwal ujian merupakan menu yang penting untuk di ketahui para mahasiswa agar tidak kesalahan jadwal ujian karena apabila mengalami kesalahan jadwal akan menyulitkan para mahasiswa. informasi yang di berikan pada jadwal ujian ini adalah hari, tanggal ujian, mata kuliah yang di ujikan, waktu dan ruang ujian.
Kelebihan : jadwalnya jelas dan mudah di pahami.
Kekurangan : tidak ada masalah.

8. Bebas perpustakaan
Menu ini berguna untuk meminjam buku di perpustakaan dengan syarat sudah terdaftar dalam bebas perpustakaan.
Kelebihan : mudah di gunakan.
Kekurangan : tidak adanya informasi mengenai perpustakaan tentang syarat - syarat yang harus di penuhi mengenai bebas perpustakaan.

9. Surat Keterangan
Menu ini digunakan untuk membuat surat keterangan harus dengan syarat -syarat tertentu. Surat keterangan yang di buat diantaranya bisa berupa surat cuti akademik dan lain - lain.
Kelebihan : mudah di gunakan dan di pahami.
Kekurangan : tidak ada.

10. Info absensi
Menu ini di gunakan untuk melihat informasi mengenai absensi mahasiswa selama perkuliahan.
Kelebihan : informasi mengenai absensi cukup jelas.
Kekurangan : tidak ada.

11. Pendaftaraan lomba blog
Menu ini di gunakan untuk para mahasiswa dalam perlombaan membuat blog. yang diselenggarakan oleh UG, apabila ingin mengikuti lomba tersebut harus mendaftarkan diri dengan memberi tahukan NPM, nama, kelas, no telepon, dan alamat blog yang akan di lombakan.
Kelebihan : mudah di gunakan dan mudah untuk mendaftar ke lomba blog.
Kekurangan : tidak ada.

12. Info seminar (UG portfolio)
Menu ini di gunakan untuk mengikuti seminar yang di selenggarakan oleh UG. apabila para mahasiswa ingin mengikuti seminar tersebut mahasiswa dapat mendaftar ke menu Info seminar.

Kelebihan : jelas dan mudah di pahami.
Kekurangan : tidak ada.
13. Tulisan (UG portfolio)
Menu ini di gunakan untuk membuat tulisan pribadi dengan membuat tulisan pribadi di blog kemudian di postingkan ke Tulisan (UG portfolio) dengan cara mencantumkan Title / judul tulisan dan URL nya kemudian submit.
Kelebihan : mudah di gunakan dan mudah di pahami.
Kekurangan : tidak dapat menghapus apabila sudah di submit.

14. Tugas (UG portfolio)
Menu ini di gunakan untuk para mahasiswa mempostingkan tugas yang telah di selesaikan. dengan cara mencantumkan Title, URL dan mata kuliah kemudian Submit.
Kelebihan : mudah digunakan dan mudah di pahami.
Kekurangan : tidak bisa di hapus.

15. Deposit library
Situs ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya. Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Kelebihan : memberikan fasilitas yang baik bukunya yang lengkap.
Kekurangan : tidak ada.

16. Warta Warga
Menu ini di gunakan untuk menulis sesuatu yang ingin di tampilkan pada warta warga. dan kita dapat melihat mahasiswa yang sedang berdiskusi.
Kelebihan : jelas mudah digunakan dan mudah di pahami.
Kekurangan : terkadang sering ada kesalahan koneksi sehingga tidak dapat di buka.
17. Blog komunitas perbankan
Menu ini di gunakan untuk berdiskusi mengenai perbankan mahasiswa dapat membuat judul dan tulisan yang akan di tampilakan pada blog komunitas perbankan sehingga para mahasiswa dapat melihan dan memberikan komentar sehingga akan menjadi bahan diskusi.
Kelebihan : jelas dan mudah digunakan.
Kekurangan : tidak ada.

18. Blog komunitas linux
Menu ini di gunakan untuk berdiskusi dan mahasiswa dapat menuliskan sesuatu untuk di tampilkan dan dapat menjadi bahan diskusi.
Kelebihan : mudah di gunakan mahasiswa.
Kekurangan : tidak ada.

19. Blog komunitas fotografi
Menu ini merupakan sarana diskusi para mahasiswa mengenai fotografi. dan para mahasiswa dapat menulikan bahan yang akan di tampilkan dan dapat menjadi bahan diskusi.
Kelebihan : mudah di gunakan dan ini merupakan sarana yang penting bagi mahasiswa yang menyukai blog tersebut.
Kekurangan : tidak ada.
20. Blog komunitas robotika
Menu ini kegunaannya sama dengan blog komunitas lainnya.
Kelebihan : mahasiswa dapat lebih kreatif menciptakan sesuatau yang baru.
Kekurangan : tidak ada.

21. Blog komunitas Arsitektur
Menu ini sama dengan menu blog komunitas lainnya.

22. Blog Komunitas Ekonomi Syariah
Menu yang kegunaaanya sama dengan menu blog komunitas lainnya.

23. Blog pasar modal
Menu ini keguanaannya sama dengan menu blog komunitas lainnya.
ICON FITUR :

1. Locker
Locker ini juga meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian. Jadi dengan hanya membuka locker, mahasiswa bisa tahu semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma.
Kelebihan : informasi yang di berikan cukup jelas dan selalu terbaru.
kekurangan : tidak ada.

2. E-mail
Fitur ini yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengirim ataupun menerima email

3. Calendar
Fitur ini memungkinkan si mahasiswa mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan.

4. Addressbook
Studentsite juga memuat fitur address book yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.

5. Infolog
Menu ini berguna untuk menapilkan infolog studentsite mahasiswa.

6. Filemanager
Menu ini berguna untuk menyimpan/mengatur file pribadi mahasiswa

7. Forum
Fitur ini juga menjadi daya tarik dari fasilitas studentsite. Mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekannya melalui fitur ini.

8. Bookmarks
Fitur bookmark adalah fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini si mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.

9. Polls
Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi

10. logout
Menu ini di gunakan apabila mahasiswa ingin keluar dari situs studentsite.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENTSITE

KELEBIHANNYA : studentsite memudahkan kita mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Namun demikian, alangkah lebih menariknya apabila studentsite dilengkapi dengan fitur “CHAT” seperti layaknya social networking. Hal tersebut akan menjadi daya tarik dan akan meningkatkan minat mahasiswa dalam menggunakan berbagai kemudahan yang terdapat dalam STUDENTSITE.

KEKURANGAN : Terkadang web studentsite susah untuk di akses. Mungkin karena servernya down atau mungkin karena maintenens servernya jadi menyulitkan kita untuk mengakses studentsite. Dan kekurangan yang lainnya adalah tidak adanya notification atau pengingat disetiap menu layanan yang muncul. Ini akan menyulitkan kita untuk membuka setiap menu layanan agar kita bisa mengetahui informasi yang telah kita dapatkan.

Penulis : Jusuf Indrakumala ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Layanan STUDENTSITE Gunadarma University ini dipublish oleh Jusuf Indrakumala pada hari Selasa, 04 Januari 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Layanan STUDENTSITE Gunadarma University